Sunday, April 6, 2014

Dak Bulgogi (Korean BBQ Chicken) masak Slow Cooker



     Sudah sejak lama saya demam K-Food, namun selama itu pula keinginan saya untuk mencoba resto Korea hanya bisa saya pendam. Sampai minggu ini di Dapur Masak ada tantangan masak masakan Korea. Setelah googling resep-resep K-Food, saya putuskan untuk membuat "bulgogi" tapi karena aslinya bulgogi adalah beef barbeque, sedang kami sekeluarga bukan penyuka daging sapi, saya bikin yg versi ayam. Ya, Dak dalam bahasa Korea berarti ayam.
     Dalam resep aslinya, bulgogi di marinasi dalam lemari es, tapi karena saya ingin membuat masakan ini bisa dimakan oleh anak balita saya, dan bahkan oleh anak kedua saya yg masih 11 bulan, maka saya lakukan proses marinasi dengan memasaknya dalam slow cooker. Hasilnya, bumbu lebih meresap, rasa dan aromanya lebih lezat, dan ayamnya empuk. Dan benar, Aisha (4yo) dan Zia (11mos) bisa ikut makan dengan lahap. Bahkan suami saya sampai nagih minta dimasakin lagi.
Yuk dicoba, ini dia resepnya :

Dak Bulgogi (Korean BBQ Chicken) masak Slow Cooker
Porsi : 3 orang
Metode & waktu memasak : slow cooker (3 jam) lalu panggang dg wajan (10menit)
Bahan :
300 gram daging ayam
3 sdm         kecap manis
1 sdm         minyak wijen
1 sdm         madu
1 sdm         air jeruk nipis
1 sdm         gula aren
3 siung      bawang putih
1 sdt           jahe parut
1 sdt          wijen sangrai
1/4 sdt      lada hitam
Langkah memasak :

1. Pisahkan ayam dari tuangnya, potong kecil sesuai selera

2. Campurkan semua bahan bumbu dalam mangkok

3. Susun ayam yg sudah di potong ke dalam panci slow cooker, saya pakai slow cooker merk Yili kapasitas 0,6L

4.  Siramkan bumbu ke atas ayam lalu aduk sampai ayam  dan bumbu tercampur merata. Kemudian nyalakan slow cooker, dan biarkan ayam dimasak lambat selama 3 jam

5. Setelah 3 jam, ayam akan empuk dan bumbu meresap sempurna

6. Panggang ayam dengan wajan anti lengket sampai terkaramelisasi, kurang lebih 2 menit tiap sisi, bila wajan mengering, tuangi dengan sedikit cairan bumbu

7. Hidangkan ayam bulgogi dengan nasi putih hangat hmmmm....nikmat

No comments:

Post a Comment