Sunday, December 14, 2014

Bubur Sagu Mutiara dg Panci Presto





Dulu, tiap ramadhan ibu saya suka bgt bikin bubur mutiara. Tapi saya dan adik saya ell kurang suka makannya, berasa eneg gitu. Nah, ketika ramdhan tahun 2013 saya bersama dua anak saya Aisha dan Zia harus ngungsi ke rumah ibu saya krn suami saya ada kerjaan ke London dan Bologna, jd lah kami ber ramadhan di kampung.
Aisha tiap sore suka kelilimg ke rumah mbah mbah nya di kampung. Pada saat ke rumah mbah buyut, pas bikin bubur mutiara ini, dan Aisha sukaaaaaa bgt, sampai pulang ke rumah ibu saya cerita kalau makan bubur sagu, trus hari berikutnya minta dibikinin ma Uti nya. Sejak saat itu Aisha suka bgt bubur mutiara ini.
oh, ya FYI bubur sagu mutiara ala mbah uyut dan uti Aisha tu lengket semua, ga bisa brindil terpisah-pisah bulet2 gitu mutiaranya, krn bikinnya dituang campur semua bahan trus diaduk2 jadilah spt bubur sagu yg bukan mutiara :D
Saya awalnya bikin bubur sagu jg begitu, lengket semua menjadi satu. Katanya biar bulet2 masaknya gak boleh diaduk, lah saya nyoba kok lamaaaa bgt baru mateng dan ada bbrp gosong di pancinya. Trus suatu hari saya nyoba bikin pakai panci presto, niat awalnya cuma supaya waktu memasak lebih singkat aja krn si bocil suka udah ga sabaran pengen makan....eh ternyata kok jadi dg sukses bagusss bulet2 dan terpisah

duuhh maaf kelamaan ngoceh ga jelas nya
yuk ini dia resepnya

Bubur Sagu Mutiara dg Panci Presto

bahan :
250 gr Sagu Mutiara
1 ltr air
3 lbr daun pandan, sobek2 simpulkan
1/4 sdt garam
1 cup gula pasir

1 cup santan kental dari 1/2 butir kelapa
1/4 sdt garam
1 lbr daun pandan wangi, sobek2 simpulkan

cara memasak:
1. Ke dalam panci presto, masukkan sagu mutiara, air dan daun pandan wangi, tutup rapat panci presto
2. Masak dg api besar, setelah mendesis kecilkan api, masak selama 10 menit
3. Matikan api, buka tutup panci presto, tunggu sampai tekanan uap panasnya menghilang
4. Buka tutup panci, lalu masukkan gula pasir dan garam, masak kembali dg api kecil sampai gula larut
5. sajikan dg kuah santan kental

kuah santan :
santan kental dimasak bersama garam dan daun pandan wangi, dg api kecil sambil diaduk sampai mendidih
kalau ingin untuk sekali makan, santan kental tidak perlu dimasak, cukup saat memeras santan gunakan air matang hangat, lalu beri garam, aduk sampai larut, siap digunakan.

No comments:

Post a Comment